Materi Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Materi APBN dan APBD

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

Lokasi: SMA Darun Nasya

Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai: Meningkatkan kemampuan analisis dan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi materi Kebijakan moneter dan kebijakan fiskal, APBN dan APBD, model pembelajaran yang digunakan adalah model inkuiri terbimbing dan model Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH).

Penulis: RUSTANDI
Tanggal: 03 November 2022-15 Januari 2023

Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah kemampuan analisis peserta didik dan motivasi belajar peserta didik rendah hal ini terlihat dari sebagian besar peserta didik tidak mampu menyelesaikan soal-soal yang memerlukan berpikir analisis, selain itu antusias peserta didik rendah dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik mengantuk dan tidak fokus terhadap penjelasan guru. Beberapa penyebab kemampuan analisis dan motivasi belajar peserta didik rendah diantaranya dikarenakan model pembelajaran kurang menarik dan membosankan, kurangnya kemampuan guru dalam pengkondisian kelas yang kondusif, penerapan metode pembelajaran tidak menyesuaikan dengan kemampuan siswa, kurang menariknya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru, dan monoton. Pembelajaran yang berlangsung cenderung hanya metode ceramah tanpa disertai dengan metode lainnya.

Praktek ini penting dibagikan: Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami. Sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru lain.

Peran dan Tanggung jawab Praktik: Peran saya sebagai guru mempunyai tanggung jawab melaksanakan proses pembelajaran secara efektif sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai yang diharapkan.

Hal tersebut dapat tercapai dengan melakukan beberapa persiapan, diantaranya: saya menyusun RPP dengan menggunakan model dan metode yang inovatif, saya menyiapkan media pembelajaran yang menarik, saya menyusun LKPD, saya menyusun alat evaluasi hasil belajar, dan menyiapkan beberapa peralatan di antaranya: Laptop, Proyector, Speaker,

menyiapkan dan mengecek Koneksi Internet, serta Kamera Hanphone untuk merekam video praktik.

Tantangan: Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Tantangan yang dihadapi diantaranya: saya harus bisa merubah kondisi pembelajaran yang masih berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, saya harus mampu membuat karakteristik materi yang cenderung sulit menjadi menyenangkan buat peserta didik, masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok, masih ada peserta didik yang belum percaya diri dalam menjawab pertanyaan maupun masih malu dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok, saya harus mampu merancang pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dan percaya diri, dan terakhir saya harus mampu membuat media pembelajaran yang menarik.

Yang terlibat untuk mencapai tujuan: beberapa pihak yang terlibat untuk mencapai tujuan yaitu: Saya sendiri selaku guru pelajaran ekonomi, Peserta didik, Kepala Sekolah, Wakasek kurikulum, rekan Guru.

Aksi: Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

Langkah – langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan di antaranya: Membuat Jobsheet untuk setiap langkah kegiatan praktik yang berlangsung; Membuat dan menerapkan RPP menggunakan model inkuiri terbimbing dan model Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) ketika mengajar di kelas, model ini model pembelajaran yang student centered; Menerapkan gabungan beberapa metode pembelajaran saat proses pembelajaran seperti ceramah, diskusi, tanya jawab dan

presentasi maupun tutor sebaya; Menggunakan media pembelajaran yang interaktif dengan TPACK seperti video pembelajaran dan aplikasi permainan wordsearc.com sehingga membuat peserta didik tertarik dalam menjalankan aktifitas kegiatan pembelajaran berlangsung; Model Kooperatif tipe Course

Review Horay (CRH) mewajibkan peserta didik berteriak horey atau yel-yel yang disukai ketika menjawab pertanyaan dengan benar; Model inkuiri terbimbing, salah satu langkah pembelajarannya

guru memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam menemukan jawaban atau dalam proses analisis; Membuat soal evaluasi berbasis HOTS

Strategi yang digunakan adalah: dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada pembelajaran yang dilaksanakan dan membuat media pembelajaran yang menarik mampu membuat peserta didik tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran ekonomi.

Proses pelaksanaannya: Saya melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan menerapkan sintak pada pendekatan maupun model pembelajaran.

Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah: Saya sendiri selaku guru pelajaran ekonomi; Peserta didik; Kameramen yang membantu mendokumentasikan praktik pembelajaran; dan rekan Guru sebagai rekan diskusi, berbagi ide dan pengalaman.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah:

Pengetahuan mengenai model pembelajaran inkuiri terbimbing dan Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH); Media ajar berupa video, link aplikasi wordsearh.com dan PPT; Alat dan bahan yang digunakan berupa laptop, infocus dan LKPD.

Refleksi Hasil dan dampak: Bagaimana dampak dari aksi atas Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Hasil efektif: Hasil dari pelaksanaan aksi ini sesuai dengan harapan yaitu motivasi belajar peserta didik meningkat dan kemampuan analisis peserta didik meningkat.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

Respon dari peserta didik: Peserta didik sangat antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran;

Respon dari rekan guru: Rekan guru menyambut baik dengan apa yang sudah dilakukan terkait strategi ini karena secara tidak langsung memberikan motivasi dan gambaran tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dan motivasi belajar peserta didik.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan:

Secara garis besar kegiatan aksi ini berhasil adapun faktor penyebabnya adalah: Perencanaan yang terukur dan terarah; Perangkat pembelajaran yang lengkap; Dukungan dari kepala sekolah, rekan guru dan wakasek; Kerjasama yang baik yang ditunjukan oleh peserta didik.

Ada beberapa kekurangan antara lain: Pengelolaan waktu pada proses pembelajaran baik kegiatan pendahuluan, inti dan penutup perlu diperhatikan lagi; Pengelolaan kelas perlu ditingkatkan sehingga suasana pembelajaran tetap kondusif baik saat bekerja dalam kelompok maupun saat presentasi.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut? Pembelajaran yang dapat dipetik dan diperoleh dari keseluruhan proses tersebut yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan maka perlu dilakukan analisis permasalahan yang dialami, menganalisis solusi,

Dampak dari aksi atas langkah-langkah yang saya lakukan saat menerapkannya dalam pembelaran PPL rencana aksi 1 dan 2, adalah: Pembelajaran dapat berjalan dengan terarah sesuai perangkat pembelajaran yang telah dibuat; Guru lebih percayadiri dalam melaksanakan pembelajaran; Peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran; Point dari tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan.

membuat perencanaan dengan baik dan matang serta pada saat aksi dilakukan dengan perencanaan yang sudah dibuat dengan matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *